Sunday 30 October 2011

::Membahagi tampilan posting berdasarkan ketegori halaman blogspot::

Salah satu karakteristik sebuah blog adalah cara menampilkan posting. Contohnya saja Blogspot, setiap posting baru yang kita tulis akan ditampilkan secara berurutan berdasarkan tanggal pembuatan posting. Posting yang baru akan muncul paling atas. Alhasil, semua posting dari semua kategori atau label akan bercampur pada halaman utama website.


Bagaimana caranya agar posting-posting tersebut terbagi berdasarkan label atau kategori tertentu? Sebagai contoh, klik contoh pembagian kategori di sini. Pada contoh tersebut, posting-posting yang termasuk ke dalam kategori "Curhat" hanya akan muncul pada bagian "Curhat". Sementara posting-posting yang termasuk kategori "CSS Tutorial" hanya akan muncul pada bagian "CSS Tutorials", bukan pada bagian "Curhat" atau lainnya.


Cara membuat tampilan seperti contoh tersebut adalah cukup dengan memanfaatkan Gadget Feed yang disediakan oleh Blogspot. Langkah-langkahnya:
  1. Login pada Blogspot Anda. Kemudian klik link "Rancangan". Anda akan masuk ke halaman "Rancangan". Pilih submenu "Elemen Halaman".
  2. Klik link "Tambah Gadget" pada bagian dimana Anda ingin menampilkan kelompok kategori atau label posting Anda.
  3. Akan muncul window untuk memilih gadget baru. Cari dan pilihkan gadget Feed.
  4. Masukkanlah alamat feed kategori seperti berikut ini:
    http://USERNAME_BLOG_ANDA.blogspot.com/feeds/posts/default/-/NAMA_LABEL_POSTING
  5. Gantilah "USERNAME_BLOG_ANDA" dengan username blog milik Anda. Kemudian ganti "NAMA_LABEL_POSTING" dengan nama label atau kategori yang ingin Anda tampilkan. Contohnya:
    http://tutorial-website.blogspot.com/feeds/posts/default/-/Curhat

    Bentuk lengkapnya akan seperti ini: 
  6. Jika berhasil memanggil feed, maka tampilannya akan menjadi seperti berikut:
    Gantilah judul dengan nama kategori yang ingin Anda tampilkan. Kemudian silahkan atur bagian-bagian lain seperlunya. Setelah itu klik tombol Simpan.
  7. Hal yang perlu diperhatikan adalah penulisan "NAMA_LABEL_POSTING". Tuliskan sesuai dengan karakter aslinya. Jika ada spasi, gantikan spasi dengan "%20". Contoh, jika kita ingin menampilkan posting dari kategori "CSS Tutorials", maka alamat feed-nya adalah:
    http://tutorial-website.blogspot.com/feeds/posts/default/-/CSS%20Tutorials
  8. Hebatnya lagi, Anda bisa menampilkan posting-posting dari blog Anda yang lain. Cukup mengganti alamat feed tersebut.
  9. Jangan lupa Simpan perubahan template setelah melakukan langkah-langkah diatas.

No comments:

Post a Comment

::startnye keje sye ni::

Daisypath Friendship tickers